Minggu, 02 Oktober 2011

Cara Mudah Optimasi Blog di Mesin Pencari

·
Cara Mudah Optimasi Blog di Mesin Pencari
Kawan tahukah mesin pencari itu? di dunia nyata mesin pencari diibaratkan sebuat alat untuk mencari sesuatu yang hilang atau yang ingin diketahui. Jika dikampung-kampung kita bisa dapatkan orang mencari binatang kehutan dengan bantuan mesin pencari (binatang Anjing). Dengan bantuan anjing maka orang bisa dengan mudah menemukan sasaran pencariannya. Itulah optimasi yang dilakukan manusia di dunia nyata jika ingin mencari sesuatu.
Nah, bagaimana jika di dunia internet?
Mesin pencari di internet adalah Search Engine, sekarang sudah banyak mesin pencari di internet, 3 terbesar di antaranya adalah Google, Yahoo dan Bing. Yang lainnya ada Ask, Altavista, Deja News, Magellan, Webcrawler dan wah banyak deh. Mesin pencari ini adalah sebuat alat yang membantu user untuk menemukan informasi di internet. 

Kita disini mungkin akan lebih melihat ke 3 search engine terbesar saja, yakni Google, Yahoo dan Bing. Ketiga mesin pencari ini memiliki tujuan yang sama namun memiliki algoritma pembacaan yang berbeda terhadap sebuah website atau blogsite. Perbedaan inilah yang menjadikan search engine ini berbeda. Misalkan saja google akan lebih cepat mengindex halaman jika sitemap-nya benar (mengenai sitemap akan di bahas lain hari), sedangkan Yahoo dan Bing walaupun sitemapnya sudah benar akan lebih teliti lagi melihat isi konten sehingga tidak aneh jika index bing dan yahoo akan lebih sedikit ketimbang google.

Agar mesin pencari itu optimal maka harus dilakukan optimasi, yang mana dikenal dengan Optimasi Blog atau Optimasi Web. Tujuan sendiri dari optimasi ini adalah upaya menempatkan posisi blog di puncak alias jajaran pertama di mesin pencari. Sehingga kita tidak asing lagi dengan kata SEO (Search Engine Optimization), dalam bahasa indonesia optimasi mesin pencari.

Banyak cara yang dapat kita temukan jika kita menuliskan kalimat "Cara Optimasi Mesin Pencari" di google search, sayangnya masih banyak yang menekankan pada optimasi blog pada mesin pencari dengan pendekatan kepada algoritmanya.

Optimasi pendekatan mesin pencari kayaknya harus segera ditinggalkan jika tidak ingin mudah ditendang google, optimasi blog secara berlebihan bisa mengakibatkan konten yang di optimasi kena sandbox google. Lain halnya jika optimasi yang dilakukan dengan pendekatan user interface, yang mana informasi disajikan untuk para user, maka mesin pencaripun akan mengikutinya. Itulah cara mudah optimasi blog di mesin pencari. Kunci pertamanya adalah user interface.

Jika kunci itu telah dipegang teguh, maka konten yang dihasilkan akan berkualitas. Konten berkualitas akan memberikan user pengalaman yang berbeda sehingga mendapatkan efek kepercayaan dan menjadi pengunjung setia blog itu. Google sekarang pintar, google melihat pengunjung setia itu sebagai ciri keunikan konten sehingga akan lebih mudah naik di tempat terbaik mesin pencari. Lain halnya dengan hanya optimasi robot, dia akan dengan sangat mudah mendapat visitor namun tidak memiliki user yang setia, yang dia dapatkan hanya user baru dan itu di baca google sebagai kejelekan karena tidak ada user lama yang datang. Tahu kan mengapa google menganggap jelek? Sehingga blog itu tidak akan lama menempati posisi di mesin pencari.

Semoga sedikit pembahasan ini dapat membantu anda, cara mudah optimasi blog di mesin pencari ini telah kami cek dan hasilnya walau visitor masih sedikit, tiap harinya membaik di segi SE. Semoga bermanfaat.

Cara Mudah Optimasi Blog di Mesin Pencari

Created: Muhammad Tsani A. Hakim
Silahlkan copy konten ini untuk berbagi namun jangan lupa pasang sumbernya (link konten ini). Hargai kami ya. ^_^

Jika anda menyukai blog kami silahkan Like Me at Facebook and  Follow Me at Twitter 
  • Share
  • [i]

Arsip Blog

 
DMCA.com