Selasa, 04 Oktober 2011

Light Dependent Resistor LDR Pengatur Cahaya

·
Light Dependent Resistor LDR Pengatur Cahaya
Kawan yang bergelut di dunia engineer pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya resistor. Resistor adalah komponen elektronik dua saluran yang didesain untuk menahan arus listrik dengan memproduksi penurunan tegangan listrik di antara kedua salurannya sesuai dengan arus yang mengalirinya, dengan prinsip hukum OHM.

Nah, kita disini akan membahas mengenai Light Dependent Resistor. Prinsipnya resistansi LDR akan berubah seiring dengan perubahan intensitas cahaya yang mengenainya atau yang ada disekitarnya. Dalam keadaan gelap resistansi LDR sekitar 10MΩ dan dalam keadaan terang sebesar 1KΩ atau kurang. LDR terbuat dari bahan semikonduktor seperti kadmium sulfida. Dengan bahan ini energi dari cahaya yang jatuh menyebabkan lebih banyak muatan yang dilepas atau arus listrik meningkat. Artinya resistansi bahan telah mengalami penurunan.

Namun perlu juga diingat bahwa respon dari rangkaian transistor akan sangat tergantung pada nilai LDR yang digunakan. Lebih tinggi nilai tahanan nya akan lebih cepat respon rangkaian.

Akan lebih mudah mengatur respon rangkaian bila kita menggunakan Op-Amp sebagai penguat atau saklar pada rangkaian LDR. Kita bisa gunakan berbagai jenis Op-Amp yang tersedia. Kalau tersedia jenis CMOS atau yang lain tidak akan mempengaruhi penampilan LDR pada rangkaian.

Tergantung pada aplikasi rangkaian yang akan kita rakit. Apakah keluaran Op-Amp akan tinggi saat LDR tidak mendapat cahaya atau Keluaran Op-Amp akan mencapai tegangan supply pada saat LDR mendapat cahaya. Gunakan rangkaian dasar Op-Amp Inverse atau Non-inverse.

Dengan sifat LDR yang demikian, maka LDR (Light Dependent Resistor) biasa digunakan sebagai sensor cahaya. Contoh penggunaannya adalah pada lampu taman dan lampu di jalan yang bisa menyala di malam hari dan padam di siang hari secara otomatis. Atau bisa juga kita gunakan di kamar kita sendiri.

Ini rumusan hokum ohm:


Semoga informasi mengenai LDR si pengatur cahaya ini bermanfaat bagi anda.

Light Dependent Resistor LDR Pengatur Cahaya
Created: Muhammad Tsani A. Hakim
Silahlkan copy konten ini untuk berbagi namun jangan lupa pasang sumbernya (link konten ini). Hargai kami ya. ^_^ 

Jika anda menyukai blog kami silahkan Like Me at Facebook and  Follow Me at Twitter 
  • Share
  • [i]

Arsip Blog

 
DMCA.com