Minggu, 06 November 2011

Berbahaya Mengendarai Sepeda Motor Ketika Hujan Deras

·
Hujan adalah satu peristiwa alam yang memang tidak mungkin dapat manusia hindari jika telah waktunya, berbagai cara manusia lakukan untuk menciptakan hujan atau menghentikan hujan. Manusia menciptakan hujan atau lebih tepatnya membuat hujan buatan atau menghentikan hujan dengan berbagai cara, ada yang menembakan zat tertentu atau membawa zat tertentu misalkan gas garam ke udara atau ada juga yang menggunakan jasa pawang hujan, walaupun hasilnya belum pasti karena alam tidak bisa dikendalikan oleh manusia. Hujan akan terjadi atau tidak itu karena peristiwa alam.

Lalu apa yang bisa manusia lakukan? Manusia lagi-lagi hanya bisa berantisipasi menghadapi alam ini. Manusia harus berpikir mencari yang terbaik jika terjadi hujan atau jika hujan tak kunjung tiba.

Sekarang ini di Indonesia sedang dilanda musim penghujan, ya curah hujan sedang sangat tinggi dengan frekuensi yang tinggi pula. Hampir setiap hari hujan turun membasahi bumi ini, sehingga manusia harus sellu siap sedia dengan pelindungnya. 

Nah, khusus bagi pengendara kendaraan terutama manusia yang mengendarai sepeda motor maka dia harus lebih menyiapkan diri karena mengendara sepeda motor ketika hujan deras itu sangat berbahaya.

Pengendara sepeda motor wajib membawa jas anti hujan (jas hujan) setiap pergi mengendara. Karena hujan bisa saja turun tiba-tiba. Selain dari siap sedianya jas hujan, pengendara sepeda motor juga harus rutin mengecek keadaan sepeda motornya. 

Apa saja yang harus di cek?
  • Ban, ban sepeda motor harus dicek jangan sampai dalam keadaan hujan ban sudah tidak laik pakai (gundul/botak/aus). Karena kondisi ban yang sudah aus akan beresiko tergelincir.
  • Pelumas / Oli, oli yang dimaksud adalah segala jenis oli, bisa oli rantai, maupun oli mesin. Karena kondisi hujan maka oli atau pelumas di daerah jari-jari akan mudah hilang. 
  • Rem / Kampas Rem, rem adalah pengaman pertama kendraan. sehingga harus dalam keadaan fit setiap saat.
3 hal di atas adalah cek standar dan yang lainnya bisa anda cek sendiri.

Walaupun kondisi kendaraan anda fit, anda juga harus menyiapkan kebugaran fisik anda karena berkendara ketika juga sangat menguras energi.

Satu lagi yang harus anda perhatikan dan sangat saya garis bawahi, karena hal ini baru saja menimpa saya sekitar jam 13.00 hari ini 6 Nopember 2011. Ketika keadaan sepeda motor anda siap jalan dan kondisi fisik anda fit untuk mengendarai, sedangkan cuaca sedang hujan deras, maka anda harus berhati-hati. Tak hanya jalanan yang kurang jelas terlihat tapi juga serangan alam lainnya yang menyertai hujan yakni halilindar (listrik kejutan alam). Tak sedikit manusia yang meninggal terkena listrik alam itu. Sehingga anda hurus behati-hati karena hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan dan selamatnya nyawa anda.
by: Muhammad Tsani A. Hakim
You can copy and share this review in your website or blogsite and please save my link.
You can copy this content but please attach my link, ^_^ 

If you like my weblog you can Like Me at Facebook and  Follow Me at Twitter 
       
  • Share
  • [i]
 
DMCA.com