Jumat, 07 Oktober 2011

Sistem Kontrol Manual dan Otomatis Beserta Contohnya

·
Sistem Kontrol Manual dan Otomatis Beserta Contohnya

Sistem kontrol manual ini disajikan beserta contohnya yaitu:

SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition)
Scada suatu Sistem Kontrol Supervisory dan Pengumpul. Supervisory Control adalah kendali yang dilakukan diatas kendali lokal, sebagai contoh, pada oil production kita mempunyai beberapa production site yang dikumpulkan pada stasiun pengumpul ( gathering station ).

Kendali lokal dilakukan untuk masing-masing production well dan supervisory control di stasiun pengumpul, melakukan kontrol kepada semua production well dibawahnya. Misalnya, salah satu production well mengalami gangguan, dan stasiun pengumpul tetap harus memberikan dengan production rate tertentu, maka supervisory control akan melakukan koordinasi pada production well lainnya agar jumlah produksi bisa tetap dipertahankan.

Komponen utama dalam SCADA antara lain adalah sistem kontrol yang biasanya diwakili oleh PLC, HMI, dan data base sistem. Ketiga komponen ini saling berinteraksi menjadi satu supervisory yang terintegrasi.

Sistem Kontrol Otomatis

Kontrol Otomatis Beserta Contohnya Yaitu:

Robot Berteknologi Tinggi

Robot yang selama ini kita kenal adalah sebuah mesin berbentuk manusia yang dapat berbicara dan berjalan layaknya manusia. Robot tersebut adalah salah satu dari jenis robot berdasarkan bentuknya yaitu kategori Android. Robot Android ini bergerak secara automatic.

Automatic Robot bergerak berdasarkan perintah-perintah yang telah diprogramkan sebelumnya atau berdasarkan masukan dari sensor-sensornya

Bagian-bagian Robot Otomatis
Tidak seluruh bagian ada pada setiap robot, hal ini dibedakan berdasarkan fungsinya saja.

CPU (Central Processing Unit)
Pada PC istilah ini digunakan untuk sebuah kotak yang berisi bagian utama pengolahan data pada PC, sama halnya dengan pada sebuah robot. Hanya saja pada sebuah robot, bagian ini tidak berupa kotak yang besar seperti pada PC melainkan berupa sebuah rangkaian elektronik yang dilengkapi dengan mikrokontroler yang dapat diprogram ulang untuk memodifikasi kinerja robot tersebut.

Sensor
Sensor atau pengindera adalah merupakan indra dari sebuah robot layaknya panca indra manusia.

Limit Switch
Limit Switch adalah sensor peraba yang bersifat mekanis dan mendeteksi sesuatu setelah terjadi kontak fisik.


Infrared
Infrared, sebuah cahaya pada panjang gelombang yang titik puncaknya berada di luar respon mata manusia adalah merupakan cahaya yang mempunyai banyak fungsi pada bidang elektronika maupun robotik.

Sistem Kontrol Manual dan Otomatis Beserta Contohnya

Baca juga artikel lainnya:
Light Dependent Resistor LDR Pengatur Cahaya 
Apa sih Aturan Standar IEEE? Ini Penjelasannya
  • Share
  • [i]

Arsip Blog

 
DMCA.com