Kamis, 27 Oktober 2011

Berhenti Olahraga Picu Penyakit Jantung

·
Jantung, apakah anda memiliki jantung? Ya, sebagian besar makhluk hidup yang bergerak memiliki jantung. Jantung itu secara global berfungsi sebagai pemompa aliran darah pada makhluk hidup terutama pada manusia. Jika darah tidak didaur ulang atau dikelilingkan mengalir ke seluruh tubuh atau luasan kecilnya pada bagian arteri dan vena maka dapat dikatakan ada masalah pada jantungnya yang dikenal dengan penyakit jantung.

Apa sih penyakit jantung itu? Secara global penyakit jantung adalah adanya sebuah kerusakan sistem atau sebagian sistem yang dapat mengganggu kinerja jantung. Kerusakan itu dapat diakibatkan oleh pola makan yang tidak sehat, olahraga berlebihan, tak pernah olahraga atau bahkan karena ada keturunan.

Jenis-jenis penyakit jantung apa saja sih? wah,,, kalo masalah ini banyak deh, ada Jantung Koroner, Lemah Jantung, Bocor Jantung dan banyak deh istilah lainnya.

Nah, Benarkah berhenti berolahraga dapat picu penyakit jantung?

Secara garis besar orang yang rutin berolahraga akan lebih sehat jantungnya, jantung mereka yang rutin olahraga akan terlatih dan dapat memompa darah dengan kekuatan besar dan volumenya juga membesar, hal ini diakibatkan tubuh atau disini jantung membiasakan diri dengan kegiatan yang dilakukan. Ketika olahraga berat jantung akan bekerja lebih cepat dan volumenya juga lebih besar sedikit dari yang tidak berolahraga.

Jika pada satu saat orang yang rutin melakukan kegiatan olahraga itu berhenti olahraga dengan total dalam kata lain tidak melakukan aktifitas olahraga lagi dalam waktu yang lama dan berhenti secara mendadak maka jantung yang tadinya biasa di latih cepat dengan volume yang agak besar dari normalnya akan kembali normal, volume darah yang dipompa lebih normal sedangkan daya tampung berkurang dan menyebabkan ada bagian yang tidak terisi darah, akibatnya akan menimbulkan rongga udara.

Bahayanya, rongga udara ini lama-kelamaan akan menyebabkan dorongan pada katup penutup jantung, katup yang mengatur masuk keluarnya darah ke jantung menuju paru atau sebaliknya serta jantung bilik kanan menuju jantung bilik kiri akan menjadi longgar, akibatnya kinerja jantung akan terganggu. Dalam kasus ini bisa jadi darah kotor kembali masuk ke jantung serta bercampur dengan darah bersih dan menyebar ke seluruh tubuh.

Penyakit jantung yang pada sebagian besar bermasalah pada katup jantung itu diderita oleh orang-orang yang rajin berolahraga. Jika katup jantung itu berongga, dapat dikategorikan sebagai bocor jantung kecil yang bisa kembali normal jika benar dirawat dan berobat dengan rutin, walaupun membutuhkan wktu yang cukup lama.

Selama masa pengobatan anda dituntut untuk tidak melakuakn kegiatan olahraga berat yang dapat kembali mempercepat kinerja jantung anda. Olahraga yang dapat anda lakukan hanyalah olahraga jantung yang tidk terlalu capek.

Itulah sedikit yang dapat disampaikan, yang bertemakan "Berhenti Olahraga Picu Penyakit Jantung".

Share di atas merupakan pengalaman pribadi sewaktu berobat dengan mendengar penjelasan dari dokter mengenai penyakit jantung diPicu berhenti olahraga.

Created: Muhammad Tsani A. Hakim
Silahlkan copy konten ini untuk berbagi namun jangan lupa pasang sumbernya (link konten ini). Hargai kami ya. ^_^ 

Jika anda menyukai blog kami silahkan Like Me at Facebook and  Follow Me at Twitter 
  • Share
  • [i]

Arsip Blog

 
DMCA.com