Senin, 03 Oktober 2011

Indahnya Ibadah Haji Ke Baitullah

·
Indahnya Ibadah Haji Ke Baitullah
Labbaika Allahumma labbaika.
Labbaika la syarika laka labbaika.
Innal hamda wanni’mata laka wal mulka.
laa syarika laka.

Ya Allah, aku datang karena panggilanMu.
Tiada sekutu bagiMu.
Segala ni’mat dan puji adalah kepunyanMu dan kekuasaanMu.
Tiada sekutu bagiMu.

Sudah tidah anehkan kawan mendengar kalimat di atas? Ya, tentu kawan sudah tahu, itulah do'a yang di ucapkan ketika anggota jama'ah haji memasuki kota suci Makkah. Di kota Mekah itulah terdapat sebuah bangunan kubus dengan ukuran 39 kaki 6 inci (kira2 11 meter;1 kaki = 12 inci = 30 cm), dan ukuran total adalah 627 kaki persegi. Ukuran dalam Ka’bah adalah 42,64x29,52 kaki (atau kira2 12,7x8,85 m). Tebal tembok adalah 3,26 kaki (kira2 97,8 cm). Lantai di bagian dalam lebih tinggi 7,22 kaki (kira2 2,1m). Bangunan itu bernama Baitullah. Baitullah adalah satu bangunan yang menjadi titik pusat bertemunya muslim diseluruh penjuru dunia.

Baitullah adalah tempat suci yang disebut juga Home of God, namun itu adalah julukannya saja, karena tidak akan pernah ada manusia yang tau dimana keberadaan Allah sang Pencipta. Tidak aneh setiap tahunnya pada bulan haji atau Djulhijah, jutaan umat muslim berbondong-bondong berdoa dan beribadah mendekati Baitullah untuk melaksanakan ibadah haji.

Ibadah Haji adalah rukun islam yang Ke-5, rukun islam yang diwajibkan kepada umat muslim yang telah bercukupan dalam harta, jasmani dan rohani. Ibadah Haji merupakan ibadah paling berat di antara rukun islam lainnya, karena pengorbanannya berupa harta, fisik, dan jiwa. Orang yang beribadah haji akan diuji kesabarannya oleh Allah Swt, namun Allah Maha Adil, Allah Swt memberikan pahala yang sangat besar bagi mereka yang melaksanakan ibadah haji yang sungguh-sungguh karena Allah Swt.

Bagaimana dengan yang tidak mampu dalam harta untuk beribadah haji ke Baitullah?

Disinilah sungguh bukti dari Allah Swt yang Maha Adil dan Maha Bijaksana, Allah tidak memberatkan umatnya, Allah Swt hanya mewajibkan bagi yang mampu dalam segi harta, jasmani dan rohani, sedang bagi yang tidak memenuhi syarat itu tidak diwajibkan. Bahkan ada keterangan para ulama yang bersepakat bahwa jika orang ingin melaksanakan ibadah haji sedangkan harta yang ditinggalkannya untuk sepulangnya dari Baitullah atau untuk keluarganya (anak-anaknya) tidak tersedia maka haram hukumnya dia berangkan beribadah haji.

Indahnya bisa beribadah haji ke Baitullah, tatkala kita mengantarkan orang yang akan berangkat ibadah haji ke embarkasi pemberangkatan kita akan merasakan rasa haru yang mendalam, bahkan ada di benak kita untuk bisa berangkat berjumpa Baitullah, dengan melihat kepergian mereka saja kita bisa membayangkan begitu indahnya Baitullah, Ingin rasanya pergi kesana untuk bersujud di dekatnya sambil berdo'a kepada Allah, meminta ampunan atas segala dosa kita.

Ya Allah, kami hanya manusia hina yang sering menyombongkan diri atas nikmat yang telah Engkau berikan, Ampuni diri kami jadikanlah kami orang yang bisa mensyukuri segala nikmat yang telah Engkau berikan dan jadikanlah kami ahli surga yang telah engkau janjikan pada umatmu.


Indahnya Ibadah Haji Ke Baitullah
Oh, ya baca juga tulisan mengenai Hujan Es Di Mekah Arab Saudi, Cuaca Ekstrim


Created: Muhammad Tsani A. Hakim
Silahlkan copy konten ini untuk berbagi namun jangan lupa pasang sumbernya (link konten ini). Hargai kami ya. ^_^ 

Jika anda menyukai blog kami silahkan Like Me at Facebook and  Follow Me at Twitter 
  • Share
  • [i]

Arsip Blog

 
DMCA.com