Senin, 31 Oktober 2011

Makanan Berlemak Kaya Nutrisi dan Menyehatkan

·
Makanan yang menyehatkan tentu adalah yang paling dicari oleh manusia saat ini, tidak sedikit manusia rela meninggalkan makanan yang rasanya lezat guna menghindari makanan yang berlemak yang cenderung memberikan banyak penyakit. Manusia sepertu itu mungkin berpikiran bahwa hnya makanan yang dari tumbuhan saja yang menyehatkan. Namun apakah nutrisi mereka akan terpenuhi secara seimbang?

Faktanya makanan yang memiliki antioksidan yang kita kenal jenis sayuran itu belum tentu menyehatkan dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh manusia. Sayuran hanya akan memenuhi sebagian dari nutrisi yang dibutuhkan tubuh manusia setiap harinya sedangkan sebagian lagi pasti harus didapatkan agar seimbang. Nah, sebagian dari sebgian itu adalah makanan yang berlemak atau dari hewani.

Makanan berlemak itu cukup kaya dengan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh manusia, lemak memberikan kalori yang besar bagi tubuh sehingga dapat dengan mudah untuk mencapai tingkat kalori minimal yang dibutuhkan tubuh. Namun tidak sedikit manusia takut makanan berlemak dengan alasan tidak menyehatkan. Mungkin mereka yang takut adalah manusia yang belum mengetahui bahwa makanan berlemak itu kaya akan nutrisi dan juga dapat menyehatkan.

Inilah 3 dari berbagai makanan berlemak kaya nutrisi dan menyehatkan:
1. Keju
Keju adalah sumber kalsium sekaligus sumber fosfor yang sangat baik untuk gigi dan pertumbuhan tulang kuat serta bermanfaat untuk memperkuat daya ingat otak anak. Keju juga mengandung Zinc yang baik untuk kulit, kekebalan tubuh dan kesuburan. Keju pun mengandung riboflavin, Vitamin B12, dan Vitamin A yang baik untuk mata dan memberikan tambahan energi. Satu potong keju setelah makan akan menetralisir kadar asam di mulut serta meningkatkan kadar air liur sehingga gigi akan terjaga dan mencegah kerusakan gigi.

Walaupun begitu karena lemaknya tinggi maka jangan terlalua berlebihan dalam mengkonsumsinya.
2. Popcorn
Banyak peneliti percaya bahwa makan popcorn dengan porsi kecil setara dengan memakan satu porsi beras merah. Popcorn juga mengandung banyak serat bahkan lebih banyak dari buah biji matahari. Namun mesti diingat bahwa manusia yang memiliki penyakit diabetes dilarang keras memakan makanan ini.
3. Selai Kacang
Makanan berlemak ini adalah cemilan yang kaya akan protein dan serat yang baik untuk kesehatan usus dan juga amengandung folat yang dapat melindungi anda dari penyakit serius seperti kanker usus dan jantung. Penelitian terbarunya datang dari salah satu universitas terkemuka di dunia yaitu Harvard yakni memakan selai kacang lima kali dalam seminggu dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

Itulah 3 dari makanan berlemak yanga kaya akan nutrisi dan juga menyehatkan jika dikonsumsi secukupnya.



by: Muhammad Tsani A. Hakim
You can copy and share this review in your website or blogsite and please save my link.
You can copy this content but please attach my link, ^_^ 

If you like my weblog you can Like Me at Facebook and  Follow Me at Twitter  

  • Share
  • [i]

Arsip Blog

 
DMCA.com